Go-OO 3.2.1-10
Keterbukaan kode sumber (source code) peranti lunak open source memungkinkan lahirnya berbagai varian dari software aslinya, tak terkecuali OpenOffice. Go-OO 3.2.1-10 merupakan hasil forking dari kode sumber OpenOffice dengan beberapa pengayaan feature.

Pertama kali kami menjalankan Go-OO 3.2.1-10, terasa bahwa proses loading lebih ringan dan cepat dibandingkan OpenOffice. Namun, ketika mencoba membuat dokumen kerja baru menggunakan template yang ada, prosesnya terasa berat. Ketersediaan template, baik untuk pengolahan kata, spreadsheet, maupun presentasi adalah salah satu nilai lebih dibanding OpenOffice. Pada platform Linux, pengguna Go-OO Impress bahkan dapat memanfaatkan efek transisi slide yang bersifat tiga dimensi.
Selain dilengkapi ratusan template, Go-OO 3.2.1-10 didukung oleh galeri berbagai artwork, seperti clipart. Dokumen gambar vektor berformat SVG juga dapat dibuka dan diselipkan ke dokumen kerja Go-OO 3.2.1-10. Demikian pula dengan berkas multimedia. Hal ini semakin sempurna dengan adanya dukungan terhadap framework Gstreamer yang menyediakan codec berlisensi LGPL.

Penyempurnaan lain pada Go-OO 3.2.1-10 adalah kompatibilitas dengan format dokumen milik pengembang office suite komersial, dalam hal ini Microsoft Office. Melalui penambahan dukungan XML menggunakan OpenXML, Go-OO 3.2.1-10 mampu membuka dan menyimpan berkas kerja yang berformat .docx (Word), .xlsx (Excel), maupun .pptx (PowerPoint).

Kompatibilitas tidak hanya ditujukan pada sistem Microsoft Office. Go-OO 3.2.1-10 mampu membuka dokumen format Lotus Word serta mampu mengimpor dokumen gambar WordPerfect yang berformat .wpg.

Dalam hal macro, Go-OO 3.2.1-10 mendukung Microsoft VBA. Lewat penambahan dukungan terhadap project Mono, Go-OO 3.2.1-10 pun mampu mengakses dan membuat otomatisasi menggunakan bahasa Microsoft C#.

***

Kesimpulan: Go-OO 3.2.1-10 dapat menjadi paket office suite yang bersifat free serta open source, andal, dan memiliki kompatibilitas tinggi terhadap paket office suite komersial. (Vincent Bayu Tapa Brata), jika temen-temen ingin mencobanya silahkan dowbload di sini.

0 komentar: